Pesan dan Harapan Legenda Bulutangkis Hermawan untuk Generasi Penerus

Hermawan Susanto, salah satu legenda bulutangkis Indonesia, memberikan pesan dan harapan buat generasi penerus dunia badminton di ajang BNI Sirkuit Nasional B Sulawesi Selatan 2023.

BNI Sirnas B Sulsel 2023, seri ketujuh ajang bulutangkis BNI Sirnas 2023, berlangsung pada 24-29 Juli ini di GOR Sungguminasa, Gowa, Makassar. Hermawan menjadi salah satu yang hadir langsung.

Sosok di era Joko Supriyanto, Ardy B. Wiranata, dan Alan Budikusuma itu pun menuturkan pesan penyemangat buat para pebulutangkis muda, secara khusus yang sedang berjuang di BNI Sirnas 2023.

“Untuk anak-anak muda, teruslah berlatih untuk generasi penerus,” kata Hermawan usai pembukaan BNI Sirnas B Sulsel 2023, seperti dilansir detikSulsel.

Baca juga: Potret Keseruan Hari Pertama BNI Sirnas B 2023 di Sulsel

Hermawan, yang dalam karier gemilangnya antara lain turut membantu Indonesia juara Thomas Cup 1994, juga punya harapan tersendiri buat perkembangan dunia badminton Merah Putih saat ini.

“Kalau zaman saya dulu itu nggak banyak. Tidak banyak untuk pertandingan. Sekarang beda. Waktu tahun 1992 turnamen bisa dihitung. Kalau sekarang sudah tidak bisa dihitung,” ucap Hermawan.

“Kalau standar kepelatihan untuk setiap klub-klub saya rasa dengan banyaknya turnamen itu sudah bagus. Tinggal sebagai pelaksana, rutin saja tiap tahun. Kalau kepelatihan klub-klub sudah, standarnya sudah baik.”

“Harapan saya, Indonesia jangan putus untuk generasi berikutnya. Karena negara-negara paling banyak atlet berbakatnya juga (termasuk) Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Saat Zidan Cilik Tinggalkan Sepakbola untuk Main Bulutangkis

Kehadiran Hermawan sendiri tidak lepas dari partisipasi atlet dari klub binaannya, yang juga mengusung nama istri tercinta yang juga legenda bulutangkis Indonesia, Sarwendah Kusumawardhani. Di BNI Sirnas B Sulses 2023 ini, PB Sarwendah sejatinya mengirim dua orang wakil. Tapi salah satunya harus mundur.

“Ajang ini saya mengirimkan dua. Kita dari Sarwendah Badminton Club (SBC) Jakarta,” bebernya.

“Yang satu di turnamen ini dia unggulan di kelompok anak muda. Satunya lagi di kelompok pemula putri dia unggulan satu, namanya Raisya Alfatunnisa. tapi dia withdraw nggak jadi datang. Satunya di kelompok anak muda namanya Antoine Akhzar Syihab,” sebut Hermawan.

Raisya, unggulan pertama nomor Tunggal Pemula Putri, adalah salah satu nama yang rutin unjuk gigi dan menjadi juara di BNI Sirnas 2023 ini. Sementara Antoine, yang merupakan unggulan kedua Tunggal Anak-Anak Putra, juga acapkali unjuk gigi dan menjadi finalis dalam seri sebelum ini di Kalimantan Selatan.

Baca juga: BNI Sirnas B Sulsel 2023 Siap Digelar, Ini Hasil Sebelumnya di Kalsel

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

(krs/krs)